Cara Memperbaiki Laptop Yang Tiba-Tiba Berhenti Sendiri(freeze)


Juraganpedia - Cara Memperbaiki Laptop Yang Tiba-Tiba Berhenti Sendiri(freeze).Freeze adalah keadaan dimana semua sistem laptop berhenti bekerja untuk sementara.Freeze yang paling sering ditemukan adalah freeze saat membuka aplikasi/software yang berat maka akan terjadi yang namanya not responding.Not responding adalah contoh dari sistem yang crash/freeze.

Hal yang juga sering ditemui adalah cursor(kursor)/mouse yang tidak dapat digerakkan pada laptop.Banyak hal yang menjadi penyebab dari feeze ini.Mulai dari hardware hingga adanya malware/virus dapat menyebabkan laptop tiba-tiba berhenti(freeze).Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki laptop yang sering berhenti sendiri(freeze).

1.Menambah RAM

RAM yang sempit akan menyebabkan laptop kamu terbebani.Terlebih lagi,saat ini hampir semua software membutuhkan banyak RAM.Saat 2017 saja,sudah banyak software yang tergolong mengkonsumsi banyak RAM.Contohnya saja software/aplikasi yang kamu pakai sehari-hari yaitu browser.Saat ini,browser sangat banyak mengkonsumsi RAM laptop/PC kita.Bayangkan saja,saat kita membuka Facebook pada browser,RAM yang terpakai sudah hampir 500mb.

Upgrade RAM minimal 4/8gb agar laptop kamu tidak terbebani dan tidak freeze saat menjalankan software yang cukup berat.Apalagi jika kamu seorang designer/gamer,kamu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni.

2.Lepas dan Pasang Lagi Baterai

Saat keadaan freeze,jangan panik dan jangan buru-buru membawa laptop kamu ke tukang reparasi komputer.Cobalah lepas baterai laptop kamu dan diamkan beberapa saat.Lalu kamu pasangkan lagi.Cara ini adalah cara yang paling sering saya pakai saat laptop saya tiba-tiba berhenti sendiri(freeze).

3.Install Ulang Laptop

Jika cara yang kedua tidak mempan,berarti ada yang salah dengan software/hardware pada laptop kamu.Langkah ini merupakan langkah yang paling tepat jika ada masalah software yang crash pada laptop kamu.

Menginstall ulang laptop juga akan meringankan beban laptop karena sebelumnya banyak software yang terinstall.Install OS yang sesuai dengan spesifikasi kamu.

4.Tekan Tombol Power Hingga Mati

Ini adalah cara terakhir jika laptop kamu freeze dan kursornya tidak dapat digerakkan.Tekan tombol power laptop kamu kurang lebih 1 menit hingga laptop benar benar mati dan hidupkan kembali laptop seperti biasanya.

SIMPULAN
Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang tiba-tiba berhenti sendiri.Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kalian.
Load comments